Koleksi Film

Kamis, 28 Juli 2011

KUTUKAN NYAI RORO KIDUL

JUDUL FILM                        : KUTUKAN NYAI RORO KIDUL
SUTRADARA                       : BZ KADARYONO
PRODUSER                          : GATOT SOEKARNO
CERITA                                  : BZ KADARYONO
SKENARIO                           : BZ KADARYONO
MUSIK                                  : MIEN MAWARDI
PRODUKSI                           :  PT.  HAKA FILM
TAHUN PRODUKSI           : 1979
JENIS                                     : FILM DRAMA HOROR
 PEMAIN                              : ZAINAL ABIDIN, YUSUF PANGERAN, TIEN KADARYONO, MASOLINI MUSHLICH, YANI WULANDARI, WATI SIREGAR

SINOPSIS :

Wulan (Yani Wulandari) dan Bram pacarnya berada di pantai selatan. Bram tengah asik melukis seorang wanita berkebaya hijau di pinggir pantai. Namun Wulan mengingatkan kalau menurut kepercayaan, kalau berada di laut tidak boleh mengenakan baju berwarna hijau. Peringatan Wulan tidak di hiraukan oleh Bram, bahkan Bram menantang keberadaan penguasa laut kidul. Akhirnya Bram membuka bajunya dan berenang ke lautan. Saat itulah, tubuh Bram di tarik dari bawah oleh anak buah penguasa laut selatan. Bram hilang di telan laut. 

Sepulang dari pantai, Wulan selalu di baying-bayangi mimpi buruk. Hingga akhirnya oleh ayahnya (Zainal Abidin) Wulan di suruh segera menikah agar tidak dibayang-bayangi mimpi buruk terus. Setelah dilamar, maka menikahlah mereka. Pada saat menikmati malam pertama terjadi keanehan pada Wulan, ia berubah menjadi geram dan mencekik mati suaminya.  Baru setelah itu Wulan kembali tersadar. 

Hingga sampai beberapa lelaki yang menikahi Wulan selalu berakhir tragis dengan kematian ketika malam pengantin tiba. Wulan yang telah dirasuki roh Nyai Roro Kidul akan menjadi beringas dan membunuh suaminya ketika mau menggaulinya.  Akibatnya Warga menjadi geram dan marah pada Wulan. 

Kejadian ini didengar oleh seorang kyai di wilayah lain yang mengutus muridnya untuk menyelamatkan Wulan. Ia pun menikahi Wulan. Namun selama menjadi pengantin baru, ia tidak menyentuh Wulan, kerjaannya hanya solat tahajud saja. Hal ini membuat bertanya-tanya hati Wulan kenapa ia tidak disentuh, Namun akhirnya Wulan pun mengerti , hingga saat yang ditunggupun tiba. Kyai muda tersebut berhasil mengeluarkan Wulan dari pengaruh jahat roh Nyai Roro Kidul.

Tidak ada komentar: